LOKASI IDEAL UNTUK USAHA AYAM PETELUR

Sektor usaha peternakan mampu menyerap banyak sumber daya tenaga kerja dan ikut menggerakan roda perekonomian daerah. Meskipun begitu, usaha peternakan yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan efek negative terhadap lingkungan, yaitu polusi bau.

Bau menyengat timbul dari proses aktivitas mikroorganisme pada sisa-sisa pakan maupun kotoran ternak. Untuk mencegah dampak negatif tersebut, sebaiknya kita melaksanan tata cara manajemen pemeliharaan dengan tepat.

Salah satunya adalah pemilihan lokasi kandang untuk usaha ternak, terutama peternakan unggas. Berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membangun kandang peternakan ayam petelur :

  • Jauh dari pemukiman warga

Selain bertujuan untuk mengurangi resiko gesekan sosial dengan warga sekitar lokasi kandang, Lokasi yang berdekatan dengan keramaian dapat menyebabkan ayam stress, dan ini berpengaruh terhadap produksi

  • Jauh dari kesibukan lalu lintas

Sama halnya dengan pemukiman, hindari lokasi kandang dari jalan utama dengan tingkat lalu lintas yang tinggi. Semakin berisik lingkungan kandang, semakin tinggi pula tingkat stress pada ayam petelur.

  • Akses transportasi layak dan mudah dijangkau

Untuk penunjang usaha ternak, pengiriman pakan, telur dan kebutuhan ternak lainnya

  • Mempunyai akses air bersih

Air sebagai sumber utama kehidupan untuk ternak, pastikan air yang diberikan layak konsumsi tidak tercemar bakteri dan zat yang berbahaya bagi ayam.

  • Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Pencahayaan dibutuhkan dalam proses pembentukan telur, dan juga mencegah kandang lembab yang dapat menimbulkan berbagai penyakti pada ayam petelur.

Menurut Yuwanta (2004) mengatakan bahwa jarak antara pemukiman dan kandang peternakan ayam minimal 500 meter agar tidak menimbulkan pencemaran udara, air, bau dan kotoran. Semakin jauh jarak kandang dengan pemukiman maka semakin bagus pula dampaknya, jangan dipaksakan karena lokasi kandang akan berdampak besar terhadap keberhasilan usaha ternakmu.

Sales

Ingin konsultasi produk pakan yang sesuai untuk usaha peternakan Anda?
tim sales kami dengan senang hati akan memberikan solusi

Handoko
0811-2653-774
Whatsapp Telepon
Kontak Sales